Sabtu, 27 Maret 2010
contoh PTK
Judul : Upaya meningkatkan kemampuan anak mengenal bentuk-bentuk geometri melalui media Smart Box di anak didik kelompok A TK Melati Desa Kenconorejo Kecamatan Tulis Kabupaten Batang
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di Taman Kanak–Kanak pada Kelompok B sudah dikenalkan bentuk–bentuk geometri. Di sini guru dituntut untuk dapat menjelaskan secara benar mengenai bentuk geometri kepada anak sehingga anak memahami betul bentuk-bentuk geometri. Tapi tidak semua guru mempunyai kemampuan untuk menjelaskan pembelajaran tersebut secara tepat kepada anak sehingga kebanyakan anak tidak tertarik dan tidak memahami penjelasan dari guru. Hal serupa juga terjadi di TK Melati Kelompok B. Anak-anak kurang memahami bentuk geometri dan sering menyebut berbagai bentuk geometri dengan nama lain. Kurangnya media di TK Melati untuk pembelajaran juga memperburuk keadan pembelajaran.
Selain belajar dengan guru anak dapat memanfaatkan alat peraga dan media sebagai sumber belajar. Namun tidak semua Taman Kanak–Kanak mempunyai media dan alat peraga yang dapat digunakan dalam tiap kegiatan belajar mengajar hal ini dikarenakan adanya perbedaan tingkat kemampuan keuangan di Taman Kanak-Kanak. Di sinilah guru diminta untuk lebih kreatif dan terampil memanfaatkan berbagai barang dan benda yang ada di sekitar lingkungan menjadi sumber belajar yang menarik bagi anak.
Para tokoh konstruktivis seperti Piaget dan Lev Vigotsky meyakini bahwa pembelajaran terjadi pada anak saat anak memahami dunia sekeliling mereka. Pembelajaran menjadi proses interaktif yang melibatkan teman sebaya anak, orang dewasa, dan lingkungan. Anak membangun pemahaman mereka sendiri terhadap dunia. Mereka memahami apa yang terjadi disekeliling mereka dengan menyitentis pengalaman–pengalaman baru dengan berbagai hal yang telah mereka pahami. Menurut paham konstruktivisme anak bukanlah individu yang bersifat pasif yang hanya menerima pengetahuannya dari orang lain. Anak adalah makhluk belajar yang aktif dan dapat mengkreasi/mencipta serta membangun pengetahuannya sendiri (Badru Zaman, 2008).
Untuk itu perlu diciptakan media pembelajaran inovatif, menarik, ramah lingkungan, dan murah. Smart Box merupakan media pembelajaran untuk mengenalkan kepada anak mengenai bentuk–bentuk geometri. Smart Box dibuat dari bahan kardus bekas dan beberapa bahan lain yang ramah lingkungan. Melalui media ini anak dapat belajar dan bereksplorasi serta menemukan pengetahuan mereka tentang bentuk–bentuk geometri. Media ini dipandang perlu untuk menjawab kesulitan guru tentang media yang tepat, menarik, dan murah yang dapat digunakan untuk pembelajaran geometri di Taman Kanak – Kanak.
B . Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Smart Box dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk–bentuk geometri di anak didik Kelompok B Taman Kanak-Kanak Melati Desa Kenconorejo Kecamatan Tulis Kabupaten Batang ?”.
C. Tujuan
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah media Smart Box dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk–bentuk geometri di anak didik Kelompok B Taman Kanak–Kanak Melati Desa Kenconorejo Kecamatan Tulis Kabupaten Batang
D. Manfaat
a. Bagi Anak
- Membantu dan mendukung proses pembelajaran anak Taman Kanak–Kanak agar lebih baik, menarik, dan jelas menerima pembelajaran bentuk–bentuk geometri.
- Mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak.
- Memberi kesempatan pada anak Taman Kanak–Kanak untuk memperoleh pengetahuan baru dan memperkaya pengalamannya dengan berbagai alat dan media baru.
b. Bagi Guru
- Guru lebih kreatif dan inovatif dalam membuat alat peraga dan media pembelajaran yang baik dan tepat bagi anak Taman Kanak-Kanak.
c. Bagi Lembaga
- Menambah koleksi media pembelajaran bentuk-bentuk geometri pada Taman Kanak-Kanak.
Judul : Upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan detektif huruf di anak didik kelompok B TK Melati Desa Kenconorejo Kecamatan Tulis Kabupaten Batang
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Anak usia 0-6 tahun, ditinjau dari ilmu psikologi perkembangan baru dapat memahami hal-hal yang konkrit. Anak masih kesulitan mempelajari hal-hal yang bersifat simbolik apalagi bersifat abstrak. Anak yang usianya masih dalam rentang 0-6 tahun, masih berada dalam dunia bermain sehingga di TK sangat tidak tepat jika harus memaksakan mempelajari membaca dalam suatu rangkaian huruf. Namun demikian, mengenal alphabel dengan cara bermain dan menghubungkannya dengan benda konkrit dapat saja dilakukan.
Pembelajaran di TK harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak yang berpijak pada tiga dimensi utama yaitu patut menurut umur, patut secara sosial dan budaya, dan patut secara individu (Siti Aisyah dkk, 2007).
Beberapa tahun belakangan ini untuk masuk SD anak harus melalui tes membaca, menulis, dan berhitung. Meskipun tes semacam ini dilarang oleh Dinas Pendidikan namun banyak SD yang tidak mengindahkan larangan tersebut. Melihat hal ini masyarakat yang menyekolahkan putera dan puterinya di TK menaruh harapan besar supaya anak mereka setelah selesai dari TK mempunyai kemampuan yang baik dalam membaca, menulis, dan berhitung.
Untuk TK sendiri kemampuan membaca bukanlah faktor untuk menentukan kelulusan anak. Namun kebanyakan orang tua berharap anak mereka yang bersekolah di TK memperoleh pengetahuan tersebut. TK sebagai suatu lembaga pendidikan harus mampu mengubah pola pikir masyarakat sehingga tuntutan-tuntutan yang tidak sesuai dengan tingkat perkembangan anak tidak masuk dalam pembelajaran di TK.
Kemampuan anak di TK Melati kelompok B dalam pembelajaran berbahasa masih kurang. Anak belum lancar bercerita dan belum hafal huruf meskipun dalam menulis dan membuat berbagai coretan kemampuan mereka baik. Konsentrasi anak dalam mendengarkan penjelasan dari guru juga kurang sehingga seringkali dalam menjelaskan sesuatu guru perlu berulang-ulang untuk memberi penjelasan kepada anak.
Untuk itu saya mempunyai solusi menggunakan permainan Detektif Huruf sebagai alat bagi anak untuk belajar berbahasa karena dunia anak adalah dunia bermain dan banyak berbagai pembelajaran disampaikan melalui permainan. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah di atas dengan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat dikembangkan dari potensi anak melalui peningkatan kemampuan berbahasa dengan memberikan stimulus berupa benda-benda konkrit pada anak usia TK tanpa harus menjadikan anak tertekan dan merasa tidak nyaman.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah keterampilan berbahasa dapat ditingkatkan melalui permainan Detektif Huruf di anak didik Kelompok B TK Melati Desa Kenconorejo Kecamatan Tulis Kabupaten Batang?”.
C. Tujuan
Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui apakah keterampilan berbahasa dapat ditingkatkan melalui permainan Detektif Huruf di anak didik Kelompok B TK Melati Desa Kenconorejo Kecamatan Tulis Kabupaten Batang.
D. Manfaat
a Bagi anak
- Kosakata anak terhadap berbagai benda bertambah.
- Anak dapat meningkatkan kemampuan bercerita sambil bermain.
- Anak lebih siap untuk menerima pembelajaran membaca pada tingkat lanjut.
b Bagi guru
- Guru dapat meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam memecahkan masalah.
- Menambah pengalaman guru dalam menyelesaikan masalah pembelajaran di TK.
c Bagi lembaga
- TK mempunyai cara baru dalam melaksanakan pembelajaran berbahasa.
- Menambah bahan pustaka di TK.
........................................................................
Untuk jelasnya posting komentar atau kirim email ke Ifanprasetiyo@yahoo.co.id
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
bagus
BalasHapusterima kasih atas kiriman PTK nya, PKP ku jadi lancar
BalasHapusTolong bantuanya, contoh ptknya untuk bantu kami dalam tugas ini : alfinaroihan@yahoo.com
Hapustolong saya dibantu membuat ptk sebagai tugas kuliah
BalasHapus@ anaonim: kirim email ke ifanprasetiyo@yahoo.co.id
BalasHapusmohon dengan hormat tolong dikirim ptk nya ke email saya lilis.samsuliah@yahoo.com terima kasih
BalasHapussangat membantu
BalasHapusmohon dengan hormat, tolong dibantu untuk kesediaannya mengirim PTK nya ke email saya, sulas.tri50@ymail.com
BalasHapusterima kasih sebelumya
Mohon dengan hormat kirim ptknya di email saya pak. aku_sari09@yahoo.co.id.
BalasHapusTerima kasih sebelumnya.
mohon dengan hormat kesediaanya membantu saya untuk mengirim PTKnya k email saya, indah_qu27@yahoo.com
BalasHapusterimakasih sebelumnya
mohon bantuanya untuk mengirim ptk ke email; aas_smi@yahoo.com
BalasHapusterimakasih sebelumnya
di mohon dengan hormat PTKnya d kirim ke email saya dina_N.afifah@ymail.com
BalasHapussaya juga minta tolong untuk mengirimkan contoh PTK nya, karena sya sedang membutuhkan untuk pedoman dlm penyusunan PTK. bisa dikirim ke email sekar_muslim@yahoo.co.id.
BalasHapussebelum nya terima kasih. semoga bisa membantu dan bermanfaat...
Bapak Ifan Prasetyo yang baik hati dan bijaksana, saya minta ijin bahwa saya akan menjiplak PTK anda dan saya rubah sebagaimana mestinya yang saya perlukan. maaf dan terima kasih,,, saya mohon dg sangat, "ijinkanlah,Please!!"
BalasHapuskebetulan saya sangat memerlukan contoh PTK Paud dg model picture and picture. Mas Irfan tolong bantuannya utk bahan pembuatan PTK tersebut. Kirimkan ke email adik yaitu : angelarifin81@yahoo.co.id.
BalasHapusAtas bantuan Mas Irfan saya ucapkan terimakasih
Mohon yang membutuhkan PTK telp saja ke 081326868151
BalasHapussangat bermanafaat sekali ijin copas ya mas....
BalasHapusmohon di bantu di kirim ke firmankaukabah@gmail.com
BalasHapuspak ifan mohon bantuannya ptk tentang mencetak terimaksih....
BalasHapusMohon di bantu kirim ke email ini pak,..
BalasHapusmuhlisahmad19@yahoo.co.id
mohon bantuannya ya pak.
BalasHapusjika berkenan, minta tolong dikirimkan ke morina.elhaq@gmail.com
terima kasih, semoga bermanfaat.
Pak ifan mohon dikirim ke email saya, saidfatikha@yahoo.com. sblmnya saya ucapkan JAZAKALLOHU KHAIRAN
BalasHapusemail saya : tian_sh@ymail.com
BalasHapusPTKx menarik,mohon bantuannya..PTK ini mohon dikirim ke e-mail saya..anggitata222@yahoo.com...terima kasih.....
BalasHapusmohon kesediaannya untuk mengirim ke email ini nurulfauziahrizqiani@gmail.com
BalasHapusmohon kirim ptknya kamuzayanarofah@yahoo.co.id
BalasHapusmohon dikirim contoh proposal dan laporan PTK TK/paud.
BalasHapuskirim ke email devyanggraeny2@gmail.com
pak mohon kirim contoh PTK Upaya meningkatkan kemampuan anak mengenal bentuk-bentuk geometri melalui media Smart Box secara lengkap ke email febriayusari@yahoo.co.id nya. terimakasih:) ditunggu pak wassalam..
BalasHapustelp ke nomor saya 085385084555
BalasHapusmohon dikirm ptk diatas yg lengkap ya pak irfan..
BalasHapusptk bapak bagus.. Terima kasih...
pak, tolong dikirim ke hargiyo84@gmail.com terima kasih
BalasHapusbagus...bisa tolong kirim k email saya ya pak,buat bahan penyusunan PTK saya....DernaSiti@yahoo.co.id....makasih
BalasHapusminta kirimin ATK-nya juga mas
BalasHapusadreyfatawallah@gmail.com
BalasHapusPak minta tlng di kirim ke email saya isnainidwi77@gmail.com sbg bahan pertimbangan pembuatan ptk KTi
BalasHapussudah saya kirim
HapusPak ifan mohon dikirim PTK nya ke email saya ilmayani75@gmail.com
BalasHapusSkrng sya sedang mnyusun Ptk .
Mohon bantuannya ya pak..
Trims
sudah saya kirim
HapusMohon dibantu kirim ke e_mail pak..
BalasHapusmaryama_ad@yahoo.co.id
sudah saya kirim
HapusAssalamualaikum Pak Ifan. Bisa Kirim PTK-nya ke wahyuti.tklarasati@gmail.com. Terima kasih.
BalasHapusOK sudah saya kirim ke email bu.
HapusMohon dibantu. Bisa dikirim ke nadiasalsa18@gmail.com terima kasih
BalasHapuswaaah ini baguussss.....
BalasHapusAssalamualaikum Pak Ifan. Bisa Kirim PTK-nya ke ibudanitama@gmail.com. Terima kasih.
BalasHapusassalamualaikum pak, boleh saya minta file lengkap ptk ini untuk dikirim ke email saya di mitatangguh@gmail.com
BalasHapusBaguuuusss sekali...tolong kirim ke email saya yapak ifan yg baik hati..dan terimakasih byk..email saya : lailoen@gmail.com
BalasHapuspak ifan..semoga ilmu yang di share jadi ladang pahala bapak irfan..amien
BalasHapussaya juga mau pak contoh ptk dikirim ke :aruny.amalia@gmail.com
mohon bila berkenan contoh ptknya di kirim ke email saya pak
BalasHapuske wantiajja58@gmail.com
Alhamdulillah dapat ilmu yang bermanfaat.
terima kasih ifan.
terima kasih pak ifan.
BalasHapuspak ifan,terima kasih ilmunya,sangat menginspirasi sekali.
BalasHapusmohon kiranya jika berkenan bisa di kirim berbagi dengan saya pak,ke email saya
wantiajja58@gmail.com.makasih.
Assalamu'alaikum warohmah pak Ifan.Mintol bantuannya agar mngrimkn contoh" ptk ke email sy pak Ifan rofiqohbatubara@gmail.com.Tq sblmnya.
BalasHapus