PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Minggu, 28 Juni 2015

“Peningkatan Kemampuan Berbahasa Pada Peserta Didik Melalui Metode Bercerita Menggunakan Gambar Di Kelompok B Tk Sekar Arum Desa Wonokerso Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang tahun Ajaran 2013/2014”

ABSTRAK



Bercerita menggunakan gambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik adalah suatu usaha agar kegiatan pembelajaran tidak monoton, membosankan dan menjenuhkan. Dalam kenyataannya kegiatan pembelajaran masih tekstual sehingga bentuk-bentuk analogi yang harus dikembangkan secara kontekstual masih terkesan stagnasi. Akibat dari pembelajaran seperti itu, untuk menstimulasi anak supaya mampu berbahasa, mengkomunikasikan apa yang diinginkan / dirasakan kepada orang lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pembelajaran bercerita menggunakan gambar di TK Sekar Arum Wonokerso Kandeman Batang; 2) untuk mengetahui kemampuan berbahasa peserta didik TK Kelompok B TK Sekar Arum Wonokerso Kandeman Batang; 3) untuk mengetahui sejauh mana metode bercerita menggunakan gambar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik Kelompok B di TK Sekar Arum Wonokerso Kandeman Batang.
Adapun pendekatan metode ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan pendekatan kuantitatif yang didalamnya mengutamakan deskriptif analitik untuk memecahkan konsep-konsep dan juga menggunakan konsep-konsep numerik statistik.
            Dalam pelaksanaannya penelitian ini terbagi atas dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I memberikan pengajaran secara umum dan siklus II berkenaan dengan perumusan materi pembelajaran.
            Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran bercerita menggunakan gambar yang dilakukan pada anak Kelompok B di TK Sekar Arum Wonokerso Kandeman Batang dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik adalah suatu pilihan yang tepat dan cermat. Hal ini dapat dilihat dari paparan data perkembangan dari siklus I ke siklus berikutnya yang terdapat perkembangan secara signifikan. Dapat dilihat dengan jelas dari kemampuan berbahasa peserta didik yang mula-mula hanya mencapai 26% dengan penggunaan metode tepat dan cermat akhirnya merubah menjadi 79%.

Kata kunci : bercerita, berbahasa, gambar

(Kontak Person : 085385084555 Email: ifanajjah@gmail.com)

4 komentar: